Saling Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Cara Membuat Link Sumber Otomatis Ketika Artikel diCopas Pada Blogger

Saling Berbagi - Awalnya kita membuat sebuah blog hanya untuk berbagi pengalaman kita masing-masing (artikel, tutorial, berita, dll). Misalnya artikel/tutorial, tutorial tersebut kita buat berdasarkan pengalaman dan kita ceritakan dengan bahasa kita sendiri (yang penting sampai ke pembaca). Dan pembaca bisa langsung praktekkan tutorial tersebut untuk memecahkan masalah.
Tampilan artikel yang akan diCopas

Sekarang banyak sekali kita jumpai artikel yang bersifat "COPAS" dan tidak memperhatikan "DMCA". Apa itu DMCA ?

Digital Millennium Copyright Act (DMCA) adalah hukum hak cipta Amerika Serikat yang memberlakukan dua perjanjian World Intellectual Property Organization (WIPO) tahun 1996. DMCA mengkriminalisasi pembuatan dan diseminasi teknoogi, perangkat, atau layanan yang bertujuan membatasi prosedur (biasa disebut pengelolaan hak digital atau DRM) yang mengendalikan akses ke karya-karya berhak cipta. DMCA juga mengkriminalisasi tindakan pembatasan kendali akses, meski tidak ada pelanggaran hak cipta. Selain itu, DMCA meningkatkan hukuman pelanggaran hak cipta di Internet.[butuh rujukan] Setelah disetujui tanggal 12 Oktober 1998 dengan suara bulat di Senat Amerika Serikat dan disahkan Presiden Bill Clinton tanggal 28 Oktober 1998, DMCA mengubah Judul 17 Kode Amerika Serikat sehingga memperluas cakupan hak cipta, tetapi membatasi kewajiban penyedia layanan daring atas pelanggaran hak cipta yang dilakukan para penggunanya.

Inovasi utama DMCA dalam bidang hak cipta, yaitu pengecualian dari kewajiban langsung maupun tidak langsung para penyedia layanan internet dan perantaranya, diadopsi oleh Uni Eropa melalui Electronic Commerce Directive 2000. Copyright Directive 2001 memberlakukan WIPO Copyright Treaty tahun 1996 di Uni Eropa.
Sumber : https://id.wikipedia.org
Untuk mengatasi permasalahan artikel yang mereka buat sendiri ternyata diCOPAS oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan bahkan tidak memberikan minimal link sumber artikel aslinya, beberapa orang/penulis/blogger ada yang mematikan fungsi klik kanan, mematikan block content, dll (secara tak sadar itu bisa merugikan blog "membuat pengunjung kabur/malas").
Tampilan ketika diPaste
Menurut saya cara yang pas yaitu "Membuat Link Sumber Otomatis Ketika Artikel diCopas" dengan cara menanam script berikut :
<script type='text/javascript'>
function addLink(){var a=document.getElementsByTagName(&quot;body&quot;)[0];var b;b=window.getSelection();var c=&quot;<br/><br/> Sumber: Saling Berbagi | Saling Berbagi Pengalaman.<br/><a href='&quot;+document.location.href+&quot;'>&quot;+document.location.href+&quot;</a> &quot;;var d=b+c;var e=document.createElement(&quot;div&quot;);e.style.position=&quot;absolute&quot;;e.style.left=&quot;-99999px&quot;;a.appendChild(e);e.innerHTML=d;b.selectAllChildren(e);window.setTimeout(function(){a.removeChild(e)},0)}document.oncopy=addLink
</script>
Tempatkan script diatas tepat diatas script "</body>", agar tidak kesulitan "ctrl+f" dan cari script "</body>" (tanpa tanda petik dua).

Simpan template dan reload blog anda, Semoga berhasil.


Labels: blog, Tutorial

Thanks for reading Cara Membuat Link Sumber Otomatis Ketika Artikel diCopas Pada Blogger. Please share...!

0 Comment for "Cara Membuat Link Sumber Otomatis Ketika Artikel diCopas Pada Blogger"

Back To Top